Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] HEADER BANNER For Blog by PICSART

Jaman dahulu kala, lahirlah seorang manusia hebat dan perkasa. Yang mempunyai kepintaran yang menggelitik. Yang berkemampuan mengulik orang lain. Seseorang itu memberikan aku permintaan; kak bikin tutor header dong. Walhasil baru sekarang bisa diwujudkan.. Hehe. Ketipu ga nih yang baca intro saya. Yah ceritanya begitulah, maka dari itu jadilah tutor ini. Sekalian baru ganti tema blog, kebetulan pas banget nih waktunya. Khusus wordpress.com 

‘All steps’ sudah ada loh!

Masih ingat brush power? Kalau masih kegok (bahasa apa yah ini), kaku atau belum lancarlah maksudnya bisa mampir ke tutorial itu. Nah kita bakalan pakai tool brush, dan tool yang lain pastinya dong. Oke sudah liat header di puncak blog ini. Males scroll? Aku tampilin lagi ya.

Mari saya kenalkan bahan-bahannya

Ini dia penjelasannya

Pertama yuk! Klik customize yang muncul pada halaman depan blog pribadi. (Pastinya sudah log in ya. Yang paling penting punya blog).

Kalau sudah diklik cutomize-nya nanti bakalan masuk ke area seperti ini. Oiya, ini bukan dashboard ya. Sedikit mirip hanya saja yang bisa kamu atur disini lebih ke tampilan blog aja. Selanjutnya, klik header image  .

Oke, buka mata, lihat dengan seksama berapa ukuran header pada tema yang kamu pilih. Betul! BEDA TEMA BEDA UKURAN YA. Jika sesuai tema yang saya pilih ini ukurannya 1000 x 250.

Pertama pilih draw something, pakai draw on, kamu pilih gambarnya ya. Nantinya dijadikan sebagai lembaran dasar. Tapi, buat yang ingin lembar kerja kosong bisa di pakai crop, lalu masuk ke bagian draw yang ada pada editor ya. Maklum picsart ada pembaharuan jadi ga bisa custom ukuran layer sendiri, musti kudu harus pakai yang udah disediakan. (Ga tau deh kalau nanti dipembaharuan dimasa depan udah bisa custom atau ngga, misalkan bisa pasti lebih enak).

Nah setelah pilih gambar, pasti (gak mungkin ngga) picsart selalu meyakinkan kita dengan tampilan ini. Agar kita mengecek lebih jeli, sudah bener belum ukurannya? Bisa juga kemiringannya, bisa di dirotate juga. Dan tugas untuk tutor kali ini, kita harus pastikan ukurannya sesuai dengan yang kita butuhkan. Oke.

Pasti pada ga sadar kan! Kalau bisa secanggih ini di atur. Di klik aja ukuran gambar awal, lalu kamu ganti dengak ukuran yang kamu butuhkan ya.

Jika sudah kamu kembali bisa atur lagi mau yang mana? Bagian atas, tengah atau bawah? 

Tadaaa, keliatannya kecil ya. Keliatannya aja kok. Di layer yang kosong ini kamu bisa tambah gambar pendukung yang lainnya yang sudah kamu siapkan. Hmm, bikin sekeren-kerennya ya.

Buat yang satu ini saya ubah blendingnya jadi darken, untuk gambar saya yang satu ini memang butuh diganti jadi darken supaya dolphins-nya dan percikkan(?) air lebih tajam terlihat. Punya kamu pasti dengan gambar berbeda dan dengan tingkat kekerenan yang berbeda, bisa kamu sesuaikan sendiri ya. Jangan tiba-tiba komen “kok gambarku jadi ilang sih” paham?

Abis di darken jadinya seperti ini. Blendingnya simpel sih tapi lihat lebih jelas.. Gambar seperti ke crop, dan meninggalkan dolphinnya aja, yang dark-dark lebih keliatan sedangkan warna yang lebih tips/muda jadi menghilang.

Ga selesai disitu, saya masih harus mempertajam gambar pendukung. Yang saya lakukan menghapus pada bagian yang sudah saya beri panah.

Sudah rapiii.

Abis klik panah yang ada di pojok atas sebelah kanan itu pasti muncul dua opsi ini kan ya, bagi yang ingin menambahkan tulisan bisa klik edit image karena masih lanjut buat yang sudah selesai bisa klik save and share ya.

Pertama saya beri alamat blog saya. Pakai blending overlay . jenis font-nya dear joe trial 6. Oke

Next, pajang nama blognya dong. Untuk “crystal’s” nya saya tambahkan gambar. Agar tidak terlalu plain.

Gambar yang saya pakai itu tuh satu-satunya gambar dengan pemandangan pegunungan itu.

Oiya, udah pada bisa dan biasa kan mainin dalam mode add photo. Ini penampakan sudah di hapus sesuai besarnya ukuran font dan di tipisin.

Ohokey. Sekarang giliran “artwork” saya bolakin tulisannya. Lalu seperti yang sebelumnya saya beri blending overlay (saya suka sekali blending ini, overlay blending) 

Nah, bagi yang mau tahu font jenis apa yanh saya pakai ini dia keterangan lebih jelasnya. Dan semua font ini saya download, di dafont.com.

Jangan lupa disimpan ya! Tahapan edit di picsartnya sudah selesai.

Balik ke browser kamu, seerr.. Kembali ke tampilan ini ga? Kita masuk ke bagian ini lagi ya, nah kita masukkan gambar yang sudah kita bikin tadi doong.

Abis klik add image tampilannya akan seperti ini nih. Kalau udah begini ada yang bingung? Soalnya saya bingung sewaktu pertama kali bikin ini. Bikinnya di komputer, dan harus di drag haha.. Gapteknya kebangetan. Kalau ini mah di klik aja select files -nya ya.

Tampilan di tempat kamu beda? 

Oke kalau beda, bedanya cuma sedikit kok nunggu upload-an selesai aja, ya kan. Ditungguin ya sampai tulisan select and crop -nya hidup dan bisa di klik. Itu saya kenapa ga keliatan hidup select and cropnya, karena pas screenshot sambil ngeklik itu dan walhasil ga keliatan hidup lagi, ya wong sudah di klik. (Kenapa pakai di jelasin? Karena ada kalau kurang jelas, jadi ‘loh kok tiba-tiba begini’ ‘kok ga sama’ ‘itu kenapa begitu? Ini ga begitu?’ Dan sebagainya, jadi dijelasin aja yaaa) peace.

Ini diaaa, mungkin sedikit atau banyak orang punya anggapan ‘ah bikin aja nanti tinggal di crop ini’ pembaca yang budiman sekalian (maaf kalau nama anda budi, atau pak budi), kita pastinya ga bakal ngebiarinin blog kita jadi ga keren atau tidak menarik. Dan kalau mengacuhkan size yang sudah diberitahu kita tetep bandel bikin semau kita, yang ada editan keren bakalan mubazir di crop sana sini. Payah deh. Saya udah pernah ngalamin, udah keren selangit eh ujung-ujungnya di potong dan dibuang. Pasti ngga pengen terjadi sama blog kamu kan. Makanya silahkan perhatikan ukuran header yang diminta ya. Bahkan kerjaan tambah ringan saat di bagian ini, kamu tinggal klik skip croping. Beres.

Sudaahh masuk nii..

Coba kita cek. Aaa,, iya sudah kepasang headernya. Tutorial berhasil dan selesaai. Hehe

Saya mengedit 3 header lainnya, untuk di randomize, yang bertema 4 seasons. Bagaimana punya kamu?

 

Crystal waiting for you in the next tutor >,<

*bow90°

Advertisements

9 thoughts on “[ TUTORIAL ] HEADER BANNER For Blog by PICSART

  1. Mba masih ingat saya bukan, saya kembali lqgi mengulik tutor tutor mbq lagi. Disini saya kembali dengan tutor yqng berbeda bukan picsart lqgi akan tetapi mengenai fotografi. Ohya, sebekum nya minal aidin wall faizin yah mba … intinya blog mba itu keren keren dan kreatif deh ..

    Like

  2. mau tanya dong kak, kok di picsart (udah latest version) aku pas masukin text ga ada pilihan blend ya :’) padahal sebelumnya ada itu kenapa ya? btw i love your tutorials so much! ♡

    Like

    1. Iya ini yg terbaru memang hilang blend-nya. Dari picsartnya sendiri. Tapi kamu bisa nurunin versinya, lewat downgrade application di mbah google banyak. Semangat ya atau kalau mau versi itu aja juga ga papa tapi kamu butuh bikin tulisannya dulu di PNGin terus kalau mau blend lewat draw. Oke sip sip, maaf balesnya kelamaan 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s