Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] SHAPE TOOL is DRAWING TOOL (?) by PICSART

Updated 27 march 2017 00:00 all steps has released!

Kemaren disini pernah tutor apa? Free crop tool udah, brush tool udah juga. Hmm sekarang ada yang tahu ga, kalau shape tool ga cuma buletan atau kotak-kotak yang mati tak bergaya? Bergaya seni..

Lihat cara pembuatannya yuk!

Pernah lihat ini dong pastinya.. Ya iya lah muncul di bagian bawah blog ini. Hehe, tapi kamu tahu ga kalau ini buatnya dengan picsart dan cuma pakai shape tool yang ada di draw. Beneran loh! Ga percaya?

Nah ini versi umumnya. Rambut terurai. Ini belahannya sengaja ya, jadi maksudnya ala-ala kristen stewart style gitu (achhim). Buat gambar ini awalnya liat di temen, kok lucu ya. Ah pengen coba. Pas udah jadi yang hijab style (karena saya berhijab) eh.. ternyata usut punya usut, dia teh pakai faceQ, dan saya; da aku mah apa udah kebikin, meski kudet waktu awalan. Tapi akhirnya bangga sendiri, waah ternyata picsart bisa bikin beginian. Akhirnya saya bikin tokoh-tokoh dari anime movie studio ghibli (saya ngefans berat). Jadi seru sendiri, kegirangan sendiri.

Waktu dulu ada yang minta bikin tutornya, tapi karena susah ngejelasinnya dan banyak tahapannya jadi ditunda. 

Nah sekarang saya ga tau nih, masih ada yang minat atau ngga sama cara pembuatan gambar-gambar ini?
1. Cara membuat kerangka gambar (How to make a picture plan) 

Ada yang tau ini apa?

T.T saya juga manusia pengen nampilin gambar kerangkanya eh malah pas di screenshot dianya begini. Apapun yang mengganggu diabaikan saya ya.

Ketebalan untuk kerangka ini saya pakai ketebalan 5px.

Fokus utama kita ada pada bentuk wajahnya yang oval dan juga poninya.

Ini penampakkan lingkaran yang saya pakai hingga poni itu bisa indah dilihat.

Lebih jelasnya seperti ini. Sudah jelas belum? Saya mulai dari yang paling atas itu. Oiya dan layernya saya buat terpisah setiap lingkaran kenapa? Karena mereka di letakkan saling menindih antara satu dan yang selanjutnya, ini berfungsi untuk memudahkan proses penghapusan. Kamu ga mau kan buletanmu hilang. Dan kalau kamu sudah sangat yakin pengapusannya cukup, dengan hasil bentuk yang memuaskan kamu perlu merge layer kamu. Pada panel layer, disebelah kanan gambar tong sampah klik deretan titiknya, nanti muncul pilihan disana lalu klik merge. 

Yang kedua buat lingkaran untuk belahan rambut dan lingkar kepala.

Ini loh maksudnya. Lingkaran yang simpel dari yang sebelumnya. Tapi ingat setiap lingkaran saya buatnya di layer terpisah, jadi jangan lupa di  merge ketika selesai melakukan proses penghapusan.

Lanjut, kita buat lingkaran untuk membuat rambut pada sisi samping. Dan lekukkan pertama untuk rambut terurai.

Seperti ini dia. Nah, lingkarannya agak jauh-jauhan nih. Kamu boleh bikin di satu layer yang sama, tapi hati-hati sewaktu menghapusnya ya.

Next main focus, maksudnya mau dibikin sisiran/alur rambut untuk menegaskan arah rambutnya kemana, dan lebih kepada fungsi lingkaran yang di samping kiri itu buat apa. Gitu. Jadi mari di perhatikan dengan seksama.

Seperti yang dipenjelasan poni, ini kita bikin lingkaran kecil-kecil. Eits, ada triknya ini. Kalau kamu males merge-in layer, ah! Bisa ikutin trik ini, menurut kamu (illusion optic) lingkaran mana yang seharusnya kamu buat? Yang ter atas atau yang terakhir/terbawah?

Hehe, jawabannya yang terbawah guys. Kok bisa. Bisa.. Coba deh. Kalau kamu mulai dari yang terbawah kamu ga butuh banyak layer, karena yang kita butuhkan hanya lengkungan yang menyambung ke garis wajah, lengkungannya ga perlu sampai nempel dengan garis rambut samping itu. Nanti ga keliatan gaya berseninya, oke sip. Abis gitu udahan sama yang dibawah naik satu per satu ke atas ya. 

Begini ini rangkaiannya. Eiya tapi “aku masih newbie kak pakai picsart” ya satu per satu aja dulu. 

Ada yang menjerit?! Lingkaran sebanyak ini kalau di layer yang berbeda memangnya muat?

Caranya kamu bisa pakai cukup tiga layer saja, tapi ingat! Kamu harus membuat lingkaran yang satu dengan lingkaran lainnya berjauhan. Misal kalau ada buletan yang dibawah menempel dengan yang dibagian sampingnya kamu jangan membuat mereka yang menempel ini pada satu layer, jika harus menempel kamu pisahkan layernya.

Memang yang ini sedikit rumit, tapi pelan-pelan kamu pasti bisa. Nah yang menggambar lingkaran ini jangan dikumpulin dulu baru di hapuanya entar belakangan, kalau kamu udah bikin satu lingkaran langsung hapus garis yang tidak pentingnya. 

Bersulit-sulit dahulu bersenang-senang kemudian, seperti cara kita menggambar kali ini. Dari lingkaran yang bikin kita mumet, hasilnyaaa bikin nagih buat menggambar dipicsart lagii! (Alah iklan beut). 
Well O Well, sudah selesai bikin kerangkanya, kalau di merge-in gimana anda siap? Let’s go! Merge-nya hanya sampai satu layer sesudah layer background, tetap biarkan layer kerangka gambar ini pada layer kosong ( layer kotak-kotak abu putih itu loh ), yah!
2. Making the eye

Pertama kita pakai ini, blunt square shape ( persegi tumpul, hehe ngasal ), pilih yang fill ya. Kita bikin alis ala 2016/2017.

Dimulai dari buat horizontal aja, ukurannya sedang-sedang aja ya, jangan kepanjangan.

Dilayer terpisah satu per satu. Siip, sekarang buat satu layer kosong lagi buat bentuk yg selanjutnya.

Bentuk yang selanjutnya, ini. Segitiga.

Diletakkan pada bagian ujungnya, yep ini buat ekor alis. Bisa kan yaa.

Kemudian lingkaran. Dia berfungsi juga loh.

Nah ini, agar lebih natural kita beri dibagian ujung depan untuk bentuk alis yang indah.

Jadinya ya seperti ini. Cadas kan, cuma dari bentuk yang sederhana bisa bikin alis era 2016/2017. Punya kamu udah mau selesai belum? Yuk sambil kamu mengerjakan punya kamu kita ke tahapan selanjutnya ya.

Eits sebentar! Td di layer kosong kan masing masing shape-nya, gimana sekarang kita gabungkan pakai merge, yang belum tau merge itu dimana: ini dia. Disini nih. Layer yang di merge cuma sampai layer ketiga saja, jangan digabung dengan layer kerangka ya. Udah kamu pastiin belum? Ayoo.

Oke next, kita pakai ketebalan 3px untuk garis mata, dan kita nanti butuhkan yang fill juga untuk dasar putih mata dan pupil hitamnya. It’s all about round.

Kalau kamu mau bikin dasar putihnya dulu buat patokkan garis mata, boleh. Disiapkan warnanya ya.

Nah, ini cara membuatnya sama dengan buatan kita yang terdahulu, dibuat dengan layer yang terpisah antara dasar warna putih dengan garis lipatan mata. Kenapa? Karena kalau di jadikan dalam satu layer, nanti misal kamu mau menghapus garis lebihan yang ada pada garis lipatan mata, pasti lingkaran dasar putihnya ikut kehapus juga. Makanya saya sangat menyarankan untuk di pisah saja layer-nya ya.

Oiya, lingkarannya itu agak nungging sedikit loh, kamu sadar kan? Hehe. Ditambahkan pupilnya ya pakai lingkaran fill berwarna hitam saja. Nah, misalkan kamu buat mata terus hasilnya jauh banget dari tutor yang ada disini, gapapa kok. Mata ini kalau pas dari jauh juga keliatan “ah masa mata kaya begini” hehe, maka dari itu jangan stop editan kamu hanya karena mata doang. Terus lanjutkan sampai ke tahap akhir ya, nanti tahap akhir yang menentukan semuanya.

Karena wanita kita kasih lingkaran kecil dibagian garis mata bawah(kelopak bawah). Di layer kosong sendiri. Terus dihapus, dan hanya meninggalkan garis bulu mata sedikit, ya. Kalau kamu mau pakai brush aja biar ga kegok silahkan boleh. Tapi kalau pakai lingkaran stroke dia ketebalannya pasti dan lengkungannya juga pasti, bisa kamu copy layer lalu di geser sedikit dengan transform layer bulu mata dari ujung kanan sampai ujung kiri bisa sama semua deh. 

Sama seperti biki alis, kalau sudah jadi semua satu per satu, layernyanya kan terpisah-terpisah kamu merge untuk meringkas layer. Buat yang satu ini di merge sampai alis ya. Jadi satu set mata selesai!

Layer yang lainnya di nonaktifkan dulu dengan cara mengklik icon mata pada bagian ujung layer (pada panel layer/barisan layer) lalu save dan otomatis berformat PNG. Setelah itu kamu bisa pakai mata indahmu buat editan apa aja kece kan. PNG itu tanpa background, jadi ketika ingin kita add ke layer akan terlihat hitam seperti diatas karena warna dasar picsartnya memang hitam kan. PNG mah transparant dia ikut-ikut aja.
Sudah jadi satu matanya, terus kamu bisa add satu mata lagi. Atau mau cepetnya tinggal copy layer boleh. Yang penting masing masing mata dilayer yang terpisah. PENTING.
3. Cara membuat bibir ( how to make lips )

Sebelum membuat bibiw, ayo buat dulu hidungnya. Caranya buat satu dulu lingkaran oval. Hapus sampai panjang lekukannya pas menurut kamu (masing-masing orang beda opini soal hidung cantik), kalau sudah ditambahkan lingkaran lagi untuk pembentuk bawahnya, ini mirip seperti jika kamu lagi gambar manga ya.. Hehe

Setelah di hapus akan terlihat seperti ini deh. Jika bikin hidungnya dalam satu layer bisa ga? Bisa, tapi utamakan lingkaran pertama yang untuk garis hidungnya sudah dihapus dengan benar, jadi jika ditambahkan lingkaran lainnya tidak merusak yang sudah ada.

Sekarang baru bibir. Bukan mulut ya, mulut beda sama bibir ya. Oke. Beri lingkaran pada bagian bawah hidung tadi. Ini dia fungsi hidung. Mau di zoom boleh biar tambah jelas waktu membuat bibirnya.

Kemudian, dihapus sampai meninggalkan lengkungan saja, seperti orang sedang senyum. Nah bagian tengahnya hapus lagi. Setiap saya beri aba-aba hapus berarti benar-benar pakai erase tool brush ya. Hapusnya gimana? Masih bingung? Hapus gelap mata aja yang penting bagian tengahnya. Lalu kamu beri lingkaran lagi. Bagian atas lingkaran tambahan itu kamu kenakan pada bagian yang baru saja kamu hapus.
Kemudian tambahkan layer kosong. Tarik hingga berada di belakang layer bibir ini. Lalu beri lingkaran fill berwarna merah bibir. 

Oke, kali ini pakai hapusan yang berbentuk lingkaran fill ( erase tool with shape ) buat lingkaran oval hapus untuk memberikan lekuk bibir bagian atas. Dan kalau bentuk bibir bagian bawah dihapus dengan erase tool brush biasa. Pelan-pelan yah. jujur waktu edit ini bisa dibilang saya kasar ngerjainnya, karena memang niat dari hati mau bikin tutor soal ini alhamdulillah setiap pembuatannya saya mulus-mulus aja. Seperti di bagian bawah bibir ini sewaktu membuat gambar gravatar blog ini, waduuh susah lama banget. Tapi kalau yang buat tutor ini nih sepertinya jempol saya lagi nurut, haha. (Curhat end)

Beri lingkaran putih kecil di bibir bawah, untuk kesan menawan. 

Eng-ing-eng ini bisa dibilang butuh-butuh ngga. Lekuk di samping bibir ini kecil sih tapi hasilnya menakjubkan!
Maaf tiba saya kasih gambar yang ada di transform. Oke awalnya kamu bisa buat satu lingkaran di salah satu sisi bibir pada layer kosong, nanti kamu copy layer lalu kebagian transform layer kamu mirror-kan. Jadi dua deh, kiri kanan.

Selanjutnya satu persatu kamu hapus, hapusnya sampai menyisakan lekukkan pada bagian atasnya.

Selesai jadi deehh..! Sama seperti hasil yang kamu buat?

Masih kurang bagus? Eits jangan dibuang atau dihapus atau bahkan sekarang lagi buat yang baru ya? Haduuh jangan. Mulai dari mata kiri kanan, hidung, dan bibir masing-masing terpisah kan layernya. Nah tinggal kamu atur besar kecilnya pada transform layer.

Ini dia setelah satu persatu saya atur besar kecilnya di transform layer , ini serius loh! Ngga ada tipu muslihat! Saya memberikan fakta! Yang saya buat 100% sama seperti screenshot yang saya tunjukkan disini.

Eiya, matanya saya pindahkan kebelakang kerangka gambar.

Selannjutnya ini dia sesi yang paling disukai sama anak usia mulai dari 5 tahun sampai seumuran saya wanita berumur beeeeeeeeppp..(inget umur). Ini saya beri warna biru pada warna layer backgroundnya supaya tidak kegok/ke ganggu sama warna yang mau saya kasih, dan perbedaan mana yang belum terarsir warna dengan yang sudah juga mudah untuk dibedakan. 

Ini sesi perwarnaan rambutnya

Jeng jeng, kita kembali ke layer putih, dan jadi deh gimana?

Kalau kamu mau di jadikan PNG tinggal di nonaktifkan layer background lalu save, klik deretan titik yg ada di samping icon panah itu.

Baru banget aku cobain bikin garis putih dan pemberian bayangan ini. Garis putihnya pakai lingkaran berwarna putih, satu persatu bikinnya, kalau kamu perhatikan lebih jeli bisa keliatan tuh kalau lebar garis tepinya beda-beda (iyalah bikinnya dadakan ngasal). Kalau bayangannya ketika garis putihnya sudah jadi, saya copt layer  kemudian saya matikan semua layer, saya tambahkan layer kosong➡beri warna hitam, lalu multiply➡merge. Lalu nyalakan semua layer. Ke transform layer kemudian geser sedikit, jadilah ini.

Hehe yg prianya sedikit absurd ya, buatan 22 maret 2017 12:08

Buat menyemangati kamu. Ayoo pasti bisa kok. Mention di instagram saya ya, pengin liat juga nih. Yuk berbagi ilmu.

Sampai ketemu di next tutor

*bow90°

Advertisements

9 thoughts on “[ TUTORIAL ] SHAPE TOOL is DRAWING TOOL (?) by PICSART

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s