[ TUTORIAL ] DARK For ACTION FANFICTION POSTER By PICSART

Aku kangen, setelah 3 bulan cuti aku ingin menjejalkan blog ini lagi pakai tutorial (beberapa). Dan aku dapet inspirasi abis main keblog-blog poster kemaren. Posternya yahud-yahud jadi keki, jadi pengen ngasah lagi, jadi balik lagi deh buka picsart. End of intro.
Nah sekarang kita bahas genre action yang biasa ada di fanfiction. Fanfiction kan hanya berupa tulisan, meski ada prolog atau perkenalan tokoh biasanya orang akan tertarik baca kalau pakai poster pendukungnya. Action ya sama poster bernuasa action, dengan ‘act’-nya si tokoh. Beda sama dark biasa yang lebih keliatan ya horornya, padahal sang author mengusung genre action. Terus ga bisa juga pakai yg bergaya soft, nanti dikira drama roman biasa. Bisa-bisa keliru yg baca, jangan sampe readers kita trauma ga mau balik lagi. Nah beberapa ada yang musti dikentalin buat action. Masih ingat? Kalau yg di tutor dark kemaren kita fokus ke penekanan warna apa? Hmm.. Dark thriller : merah; dark angst : biru; dark action : jingga. Contohnya sepert ini

Hehe, masih kurang kece yah posternya. Biasaa saya orangnya yg irit gambar pendukung, kurang ahli ngatur letaknya dan berhubung ga suka yang rame. Hehe (diawali dan di akhiri hehe)

Kalau ada komentar pedes asin manis bahkan gurih jangan sungkan ya. Yang sudah nunggu dan galau serasa digantungin kapan bakalan di tutorin. Oke saya kasih kolase/showcase tahapannya, well in another word, beneran dibikinin kok tutornya. 🙂

Maaf, udah berapa tutor yang lupa saya kasih materialnya. Oke ini bahan-bahannya ya. (Req by Gabriel, thanks for remind me)

Mari kita kenalan, ini Seo Sung Kyung ulzzang.

Ini mas Oh Sehun. >.<

Saya menemukan ini di google pakai key word/key search : dark texture

Kalau ini download di deviantart. Dari akun krypteriahg. Thank you so much maria!

Terakhir, juga dari lightning yang ada di krypteriahg.

Mau tau kenapa mukanya pada jadi jingga padahal gambar yg di jadiin bahan normal-normal saja. Kalau gitu ikutin yuk. Klik tools kita main adjust oke.

Pertama kita atur kecerahannya ( brightness ), disini saya redupkan menjadi -45.

Kemudian ada kontras ( contrast ), saya buat jadi pol +100.

Selanjutnya, saturasi ( saturation ) yang dipakai untuk gambar ini sama dibikin mentok kedepan +100.

Terus ke Icon yang ada disampingnya hue dibiarkan saja alias 0.

Dulu ga segini banyaknya tool di bagian adjust, dinikmatin aja yah. Next, bayangan ( shadows ) -100.

Semangat masih ada lagi, “menyoroti” ( highlights ) waduh ternyata ketutupan panah ya, saya ga punya serepnya juga lagi, tapi dari bentuknya seperti -20. Hehe

Last but not least, temp = suhu. Jangan salah gambar juga bisa panas bisa dingin loh. Yang dipakai +100

Itu tadi tokoh yang wanita utamanya, nah sekarang giliran mas kulin Oh Sehun-nya. Semua yang ada disini hanya basic tutor, dengan kata lain ini bukan patokan buat kamu saat mengedit gambar. Karena semua jenis gambar berbeda-beda karakteristiknya. Saya hanya menyediakan tutor, langkah-langkah cara pembuatannya. Seperti gambar Sehun disini karena terlalu terang saya sampai harus balik ke adjust 2x karena kurang strong warnanya. Dan kamu pun bisa melakukan hal yang sama.

Ada yang pakai picsart yang baru diupdate? Kalau ada kita pakai ukuran 1024×768 (4:3) ada icon rotate tool kan dilembarnya nah kamu putar, dari berbentuk landscape menjadi potrait, ukurannya menjadi begini 768×1024 (3:4). Lalu masukan tokoh, saya masukan yang tokoh wanitanya terlebih dahulu agar urutan layernya rapi.

Pertama warnai layer urutan terbawah berwarna hitam. Cara warnainnya klik gambar ember cat yang miring itu. Lalu cari warna hitam, klik.

Tahap selanjutnya gambar tokoh wanita yang baru dimasukkan tadi diganti blending optionnya menjadi screen, opacity 100%.

Lalu masuk cast yang kedua, pria beda ya sama wanita (jelas dong), dikasih blending optionnya juga beda, yaitu lighten, opacity 100%.

Kemudian tokoh utama pria, posisikan sedikit menindi/menimpa rahang si tokoh wanita, biar kece. Hehe.

Yuk masukkan satu persatu teksturnya. Disini saya lebarkan banget-banget sampai garisnya besar-besar kaya gitu tuh. Buat apa? Pengen ala-alaan, haha ini ngaco sebenernya, sama seperti readers yang sering mengunjungi blog ini, masih belajar dan terkadang seperti ini errornya. Diskip boleh mau ikut juga boleh. Tapi kemaren ada master poster fanfic (Alethea) ini tuh ga perlu karena keramean. Hehe ampuuun kanjeng.

Krypteriahg clock, karya anak deviantart nih keren ya.

Sama seperti terdahulunya, ini dibesaaaarin sampai dapet spot yang pas, se-pas-nya saya.

The last texture, ini hehe… Poster panpiksion lagi sering banget pakai ini, jadi saya coba aplikasikan. Tapi buat kamu jangan di paksain yah, kamu bisa pilih mau yang mana. Hanya salah satu saja yang dipakai juga ngga masalah. 

Nah, kalau saya ambil yang bagian ininya. Dilebaarin selebarnya. Ini kalau ga salah masih dibagian tengah tapi yang pingir kiri banget tuh tuh.

Now let the show begin. Pernah pakai cara ini di simple soft blur tutor, ngumpulin bahan di layer baru deh ngapus penghapusannya belakangan, bener ga?

Iyah ini juga sama. Kalau buat saya yang suka ke tutp tiba-tiba picsartnya, atau pas lagi asik edit ga terasa baterai lowbat sekarat banget dan blip smartphone mati. Haha curhatnya kepanjangan. Intinya, sepengalaman saya dengan metode ini bikin kerjaan cepet selesai dan anti artblock. Dan balik lagi ke penjelasan gambar, biasa kalau ngapus editan buat poster kita butuh brus yang seperti ini,  size dan opacity-nya bisa kamu sesuaikan nanti yang penting hardness-nya 1% . Mau sama persis seperti yang ada di tutor ini boleh, tapi kalau kamu punya selera sendiri, kenapa ngga?!

Oke, sekarang kita bedah layer panel seperti apa kekacauan yang saya buat disanaa.. Tata letak urutan layer tidak berpengaruh jika kamu menyesuaikan blending option yang saya beritahu disini. Seperti itulah. Yang penting blending optionnya sama, dijamin sama nanti jadinya. Saya berani mengungkapkannya karena saya sudah mencobanya. Penjelasan gambar pada layer yang pertama, ada lightning  flash, (saya yang kasih nama) dia ini blending option lighten, opacity 25%.

Masih dari krypteriahg, kali ini yang menjadi dekorasi pada poster kita, dengan blending option add, opacity 51%.

Hoho the textur from google, saya beri dia blending option add, opacity 100%.

Sudah lama ga main poster yuk ah, kita mulai berhayal bikin ala-alaan kita, goreskan judulnya dan bubuhkan watermark tercinta milik kamu.(gombal alay, yg ini jangan ditiru)

Eiits, jangan keluar dari picsart dulu, editan ini musti disimpan dulu doong.

Ada yang engeh/sadar ga ini berbeda dari poster yang saya tunjukin diatas. Karena musti bikin tutor jadi dibikin dari awal. Hehe. Dan ini dia perbedaannya.

The end of tutor.

*bow90°

43 Comments

  1. Sangat membantu bgt
    Jadi pengem bikin nih.
    Kemaren sih otak saya buntu ga ada inspirasi. Tapi setelah liat2 blog ini jadi banyak ide gtu
    Mantap jiwa

    Like

  2. Assalamualaikum teh .
    Teteh terima kasih pokonya blog ini blog favorit aku . Sangat membantu teh – aku yang suka ngedit edit jadi tambah suka … hhehhhhe 😀 pokonya makasih buat tutorial yang sangat bermanfaat … kadang aku suka ikutin ngedit Cover kaya teteh tapi Cast nya beda . Kalo bisa banyakin tutornya lagi ya teh. Jadi pengen nanya nanya banyak tentang ini seriussss hhehhhe … makasih 😀 😁😁😁😁

    Like

    1. Wa’alaikumsalam, alhamdulillaah senang bisa membantu kamu. Gpp kok, material gambarnya juga dari google, bebas. Tinggal gimana pengekspresian pengedit yg berbeda-beda. Iyaa nanya aja disini boleh kok, kalau sempat pasti dibalas 😀

      Kok kamu tau panggilan saya dirumah teteh heheu. Makasih banyak atas kunjungannya apalagi sampai meninggalkan jejak semanis ini, makasiih banyak

      Like

Leave a comment