Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] SUPER Manipulation Photo by PICSART

Hai. Yang udah lama penasaran. Berhubung jempol saya sudah dibuka perbannya, sekarang saya kasih bukan hanya kolase / showcase gambar tapi tahapannya juga, penjelasan yang datang menyusul pada akhirnya. Kalau masih ada yg mau liat gambar sambil nanya-nanya dikomen boleh banget πŸ˜€
Well, inilah tutorial cara mengubah wajah seseorang menjadi orang lain.

Find whatever you want, mau itu poster, foto selca, apa aja yg mau kamu ubah atau tempel wajahnya.
Im Yoona SNSD, sudah pada kenal pasti. Ayo fanboy, fangirl.

Sebelum menjadi secanggih ini, well kalian bisa lihat sendiri dan mungkin bisa merasakan sendiri nantinya kalau cari bahan buat memanipulasi gambar seperti ini tuh tidak mudah, wahai teman. Sama tengokkan wajahnya, sama garis wajahnya bahkan sampai sekarang aja masih ada yang kesel karena beda tone kulit wajahnya. Guys bikin ini tuh ga gampang. Nah tipsnya, bikin manip jangan di niatin pas nyari bahannya. (Haha) karena saya bikin manip ini pas lagi tidak ada niatan awalnya. Kamu boleh punya stok beratus-ratus foto artis bias kamu, tapi jangan hanya satu yang kamu jadikan kunci/pegangan buat dijadiin manip, karena yang dari awal kamu niatin buat dijadiin manip, bisa-bisa ga ketemu gambar yang cocok dan mood langsung ilang karena ga ketemu-ketemu. Oke. Jadi manip itu bakalan asik bikinnya kalau kamu dari awal nyari bahannya santai. Hasil manipnya pasti memukau. You can do it guys !

Tahapan pertama kalau udah buka draw photo kamu bisa langsung masukin/tambahkan foto Yoona. Nah metode ini seperti composit photo yg ada di quick tutorial ya.

Pertama kecilkan dulu opacitynya sekitar 50% lebih kecil tidak masalah, yang penting transparant aja. Jadi kelihatan gambar posternya atau orang yg kita tempelin gambarnya. Kenapa? Biar sejajar antara alis, mata, hidung dan mulut.

Kalau sudah yakin letaknya pas antara kedua foto sekarang bisa kamu besarkan kembali hingga maksimal. Oce?

Tarik hingga 100%. Kembali seperti semula.

Tahapan diatas sudah selesai, yuk lanjut kita klik layer yoona. Lalu tarik kebawah. Buat apa? Ini sesuai tema kita pengen gambar yoona muncul menggantikan gambar aslinya, jadi yang kita hapus gambar asli sedangkan gambar yoona anteng sambil menunggu mukanya bebas halangan dari gambar asli. Sip?

Nah sudah ada di paling bawah sekarang gambarnya. Oiya kalau ada yang sadar, kenapa muka diposter huntsment udah bolong. Maafin ya awalnya ga kepikiran masukin karena mungkin yg udah sering kesini udah sering nemuin tahapan ini, jadi saya screenshot setelah pertimbangan, “mungkin ada pembaca baru” πŸ™‚

Oke, kita zoom in. Sudah banyak yang tahu belum, kalau di draw ini kita bisa zoom in dan zoom out? Nah, disini bisa kok. Bisa langsung di zoom in. Atau kalau mau klik tool yang ada di sebelah kanan erasetool, kalau menurut saya enakkan kamu klik tool ini dulu. (Lama main picsart masih belum tau namanya, 🙏😶). Main aman, biar ga kecoret atau kehapus layernya pas lagi zooming, bener ga?

Zoom lagi semaksimal mungkin, sampai mentok. Fokus ke wajahnya ya.

Ini brush yang pertama kita pakai. Kenapa yang ini? Semuanya gimana pilihan kamu aja. Tapi buat mempersingkat tutor, jadi saya pakai ini lebih cepat kehapusnya. Matanya yoona cepet keluarnya. Hehe. Size : 11 opacity : 8. Sisa setingan yang selanjutnya jagan diubah ya, repot kebanyakan settingan, mending yang penting-penting aja.

Nih begini. Untuk penghapusan awal kita hanya fokus pada bagian matanya saja. Brush yang pertama gimana yah.. teksturnya kalau menurut saya padat ditengah sedangkan di pingirannya agak nyebar, mirip kuas. Jadi saya pakai ini untuk penghapusan awal, dengan kata lain ada penghapus pembantunya lagi. Siapa?

The thickness brush (saya asal aja kasih namanya, hehe). hardestnessnya 1 size : 26 opacity : 5. Kenapa saya tidak memakai brush ini dari awal? Karena ada banyak brush, berarti ada banyak fungsinya. Brush yang ini dipakai untuk menghaluskan pinggiran sisinya yang masih berbekas, agar mulus, dan keliatan seperti gambar asli.

Selanjutnya di kupas lagi mukanya, biar hidung dan mulutnya kelihatan. jangan sampai ke pipi atau rahang, bahkan rambut yang ada di kening HINDARI penghapusan yang mengenai rambut si gambar asli, juga warna kulit aslinya. Nanti saya kasih tahu fungsinya.

Jika sudah. Di merge. Jika kamu sudah yaaakiin seyakin-yakinnya penghapusannya cukup, kamu baru merge-in layer poster atau layer foto asli.

Nah, tambahkan layer kosong. Layer ini saya pakai untuk mempersama warna muka. Tekhnik ini sama seperti “memberi warna rambut tutorial”. Ada lagi sama seperti memperpucatkan wajah di crack face tutorial. Beri warna yang agak mirip menyamai warna aslinya, lalu usapkan. Beri blending option : overlay selain itu tidak ada yang di ubah

Seperti ini, warnanya sudah seimbang. Jika sudah klik centang/ceklis/centang/DONE. Tapi masih melanjutkan edit, so kita ke bagian editor.

Di editor, kita pakai clone untuk memperhalus warna. Ini pembersihan wajah yang terakhir. Sambil hapus anak rambut yang ada menjuntai itu. Untuk pemakaian clone sendiri susah-susah gampang. Kalau sempat niat saya nanti mau kasih tutornya ya.

Setelah melewati tiga tahapan penghapusan akhirnya wajah kembali mulus, ayo ada yang mau di tanyain?

Im Yoona absen sebentar.. Hihi

Kece ga? Sampai ketemu ditutor lainya ya
*bow

Advertisements

26 thoughts on “[ TUTORIAL ] SUPER Manipulation Photo by PICSART

  1. Kak cara buat samain warna kulit gimana ?? Soalnya suka beda jauh terutama di bagian bawah mata .. Mohon tutor untuk perpaduan warna yg pas . makasihh ^^

    Like

    1. Bisa pakai clone dinda. Ga perlu sama persis pas kasih warna di draw. Yang penting kamu bisa nge-clone yang rapi. Nah bisa rapi butuh banyak latihan, yang pastinya banyak gagal. Untuk tutor clone memang sudah jadi agenda tutor yang pengen saya buat, tapii nyusul ya, karena ada tutor yang lainnya dulu. Terima kasih atas masukkan, request-an dan kujungannya. Pasti akan saya tingkatkan. Sukses editnya ya

      Like

  2. Mau tanya dong gimana cara buat samain warna kulitnya ya ?? Soalnya suka beda terutama di bagian bawah mata. Kasih tutor buat perpaduin warna yg pas dong . makasihh ^^

    Like

  3. Kak aku kan suka coba coba tutor dari kakak. Tapi aku suka sebel kalo foto yg mau di manip sama warna leher foto aslinya beda. Itu ngakalinnya gimana ya?

    Like

  4. Kak cryss T.T lama gak chattingan di line btw ini Elsa kalo masih inget

    Aduh jempolnya kenapa? GWS ya kak, semoga cepet sembuh biar comeback sm tutor yang kece-kece >.<

    Aduh kak, kakak pinter nujum atau apa XD aku lagi pen manip-manip photo tau eh keluar tutor ini aku tunggu lengkapnya^^

    Liked by 1 person

    1. Iyaa nih kangen sama Elsa. Apa kabar sayang? Masih dispanyol atau sudah beda negara lg nih?
      Aamiin makasih banyak ya doanya.
      Sebentar penjelasannya pelan pelan dibikinninnya nanti. Seneng deh komen pertamanya kamu πŸ˜€ (gombal)

      Liked by 1 person

      1. Masih di spanyol. Akhir tahun depan pulang ke indo eheh sedih x”D allhamdulilah aku baik kak, kakak kabarnya gimana?

        Iya kak sekali lagi semoga cepet sembuh ya 😁😁 kkk~~ abis akhir-akhir ini aku artblock parah T.T

        Liked by 1 person

        1. Pulang? Udah habis masa tinggal dispanyolnya. Tapi masih kurang lama aja ya disana. Betah ni yee.. πŸ˜€
          Iya sayang makasih cantik. Kalau kk mah ngambek sama picsart pembaruannya rajin bgt. Ada yg tambah mudah ada yg tambah ribet πŸ˜”πŸ˜”

          Like

          1. Yaudah gantian kakak aja yg tinggal disana gimana.. Haha. Yah kena artblock sayang bgt, tumben. Lg ga mood karena harus pulang kah?
            Gpp, minta buatin orang nanti kalau lg mood juga orang dibuatin sama km. Gwenchana gwenchana

            Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s