Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] BRUSH POWER by PICSART

Halo, ada yang tau sekarang yang kekiniannya apa? Foto dengan bagian langitnya ada ikan paus atau ikan hiu atau bahkan kemarin ada yang ngirimin gambar foto pemandangan alam dengan tambahan dilangitnya ada bule (orang jawa) lagi berenang. Sebenarnya cara untuk bikin itu udah sering di gunakan disini untuk pembuatan poster. Untuk menggabungkan gambar pembantu. Dan berhubung saya baru engeh/sadar masih ada aja yang ngeluh menghapusnya kurang rapi. Jadi sekarang kita telusuri lagi brush? Seberapa besarkah kekuatannya?

Siip!

Pertama yang kita butuhkan gambar dengan pemandangan langitnya yang luas, kalau mau pakai foto sendiri usahakan langit di atas kamu cukup banyak yang ke ambil.

Yang kedua kita butuh gambar tambahan. Untuk tutor saya pakai pesawat ( search key : airplane photography) kenapa bukan hiu atau ikan paus? Saya lemes nanti bikin tutorialnya, buat cari aman dan agar tutor ini bisa berhasil, pakai pesawat ini aja dulu ya, nanti kamu mau ganti sama apa aja juga boleh.

Mari kita buka aplikasi picsartnya. Udah lama ga buka dan ga bikin tutor ternyata ada banyak pembaharuan euy. Hehe. Pilih draw ➑ photo

Selanjutnya ambil foto utamanya. Saya kasih tahapan ini ya. Biasanya kan engga, betul? Hihihehe

Lanjut, ini ukurannya tidak perlu diperkecil dan diperubah. Klik ceklis/centangnya.

Bagaimana tulisan penunjuknya? Lebih jelas kan ya. Banyak banget pembaca yang laporan ke saya, ngga berhasil editannya karena hal ini. Jika kamu ingin menambahkan atau memasukkan gambar, klik layer kosongnya terlebih dahulu, ga ada tuh yang namanya di entar-entar atau di lupain. Ini mungkin hal sepele, tapi pengaruhnya besar banget.

Dan satu hal lagi, kamu masih baru main picsart? Ikutin semua tahapan yang ada. Coba dari awal pelan-pelan.

Oke selanjutnya ini. Ada yang memperhatikan keseluruhan screenshoot yang ini? Ada yang tidak biasa?

Kemarin saya sempat check search terms, dan menemukan “kenapa picsart sekarang online” sebenarnya secara offline masih bisa juga. Setiap saya edit picsart seperti ini juga, data saya dimatikan. Jadi hal yang tidak biasa diatas itu tidak adanya arus data. (Oke, sepele? Bisa ga dibaca). Bagaimana caranya kalau offline, recentnya diklik nanti muncul tampilan seperti ini. Lalu pilih galeri, gambar pesawatnya ( tambahan ) ada disana kan. Ayuk kita ambil.

Tidak perlu diperubah ukurannya. Langsung klik ceklis/centang.

Lihat, perhatikan, masing-masing di layer yang terpisah.

Pilih brush yang pertama. Size 73% , opacity 24%.

Hardnessnya 1%. Lalu klik set.

Hapuskan sesuai dengan arah yang saya tunjukan. Pelan-pelan saja, seusap-dua usap.

Finally I added gif juga. Hehe. Seperti ini lah cara saya menghapus atau merapikan gambar.

Tambahkan layer kosong.

Maafkan saya, disini niatnya ingin kasih tau icon yang akan diklik, eh malah baru sadar kalau ini sedikit fail/ancur. Mohon di maafkan yah, kita tetep edit kok, masih diterusin aja editannya, yang penting habis kamu nambahin layer tolong klik icon yang disamping blending option atau tulisan normal itu.

Pilih warna putih. Setelah itu tarik, bawa layer berwarna putih menjadi urutan yang paling bawah.

Klik layer yang ada bunganya. Untuk apa? Kita perlu menghapusnya sebagian. Karena kalau diperhatikan pecampuran warna disini kurang halus.

Perhatikan! Bagian yang dihapus hanya sebagian sisi sampingnya saja. Kenapa ngga kita matikan dulu layer pesawatnya? Tentu tidak, disini yang menjadi patokan justru si pesawatnya, karena untuk mengetahui kecerahan yang berubah saat penghapusan. Maka dari itu hapusnya asal saja. Tidak perlu rapi.

Ini hasilnya setelah penghapusan. Penghapusan yang tadi berfungsi untuk mempercerah langit.

Disimpan gambarnya

Ini hasilnya. Penghapusan yang rapi itu kuncinya cuma satu yang sabar. Jangan tergesa-gesa, dilihat lagi pengaturan ketebalannya, ukurannya karena bisa mempengaruhi. Ini kekuatan brush, bisa menggabungkan gambar dengan mulus-lus.

Sekian
*Bow

13 thoughts on “[ TUTORIAL ] BRUSH POWER by PICSART

  1. Aku baru nemu blog sekeren ini sumpah 😱 editannya bagus bagus πŸ‘πŸ‘ aku baru belajar pake pict art nih kak. Aku belajar banyak dr blog ini πŸ˜€ makasih banyak ya udah kasih tutorial pict art sedetail detailnya 😘😘😘

    Like

  2. HOLLA KAKAK SAYANG SINI TAK KETJUP KU KANGEN DIRIMU KAK 😘😘😘😘😘😘

    KU PENGEN BERKOMUNIKASI DENGAN DIRIMU TAPI LINE AKU UDAH BEDA, YG DULU KENA HACK :v JADI KAK TUJUAN KU SEBENARNYA MERUSUH DI KOLOM KOMENTAR MU ADALAH INGIN MEMINTA ID LINE MU UNTUK KU ADD ULANG :”

    JEONGMAL MIANHAE KAK KALO BENERAN KU BUAT RUSUH DISINI πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

      1. Ho’oh maafkeun diriku kak, biasa efek kangen sama kak crystal jadinya capslock jebol πŸ˜‚

        O ya kak, tutornya keren, picsartnya udah banyak perubahan yah? Aku masih belum upgrade γ…‹γ…‹
        Keliatannya aja tutornya gampang pas udah dilakuin pasti susah apalagi aku ini kelemahan di picsart itu ada di brush brush itulah :”

        Like

        1. Baru aja td siang aku ngecek Line, “kok akun yang satu ini ga ada suaranya?” πŸ˜‚
          Jiaah kamu, aku adu sama kamu soal fancy poster paling aku langsung cari bendera putih. Kamu jago fancy posternyaa.. ne, masternim!

          Terima kasih kunjungannya.
          ((Jujur aku kangen sama suara kamu, hiks)) πŸ˜‰

          Like

Leave a Reply

