Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] Cara Membuat “Smoke Disintegration” by PICSART

last updated Minggu 3 July 12:29 pm

HIMBAUAN :
SEBELUM KAMU MEMBUAT SMOKEY INI KAMU HARUS TERBIASA DENGAN PICSART TERLEBIH DAHULU. KALAU MASIH KESULITAN KAMU BISA MELAKUKAN PERCOBAAN TUTORIAL YG TERMUDAH, YG ADA PADA BLOG INI.

Okey..
Smoke Disintegration masih asing tidak ditelinga kamu?

Jujur kalau aku sih, iyes. Haha. Sewaktu nemuin smoke disintegration ada di search terms langsung ngubek-ubek, seubek-ubeknya(?). Ternyata Semokey ini salah satu tekhnik peleburan gambar. Nah kalau disintegration-nya aja cuma penghancuran gambar aja. Not smoke : seperti potongan robekan kertas, sedangkan Smoke : penghancurannya seperti asap yang ngebul, bul. hihi *mulai error*. mau bikin yang mana dulu nih?

Kita coba yang sulit dulu aja yah. Smoke Disintegration. Let’s we started!

image

image

Black Smoke
Kalau di photoshop enak cuy, download brush smoke selesai :(. I can handle it. ( Search key : black smoke white background )

image

Modal yang ga pernah ganti model. Oh Sehun. Entah kenapa difoto yg ini kok alisnya Sehun nge-bold gitu, ikutin trend kah? Oke, segitu aja fangirlingnya.:|. Hai, jangan lupa yang berformat PNG ya.
( Search key : “idola kamu” PNG )

image

Masuk ayo masuk, picsart, edit/editor. Pilih gambar PNG, yang beralis tebal itu. Atau apapun 😄😄.

image

Go to crop. Langsung aja, jangan ragu ya ;).

image

Kali ini kita ambil bagian kirinya aja buat di disintegration-in ya. Setelah di crop, tolong kamu save dengan format PNG.

image

Setelah di crop hasilnya akan seperti ini.

image

Selanjutnya si simpan/save dalam format PNG. Begini caranya, dikuti ya. Untuk yang mempunyai picsart versi 8.4.2 atu bahkan lebih terbaru kamu bisa pakai cara ini [ EXTENSION TUTORIAL ] Cara Menyimpan PNG di PICSART Versi 8.4.2 (2017)

image

Sudah di save kan? Nah nanti kamu balik lagi ke bagian awal picsart. Pilih draw, draw blank. Landscape..

image

Hapus layer yang berwarna putihnya. Klik icon tong sampahnya.

image

Masukkan gambar potongan badan Sehun yg tadi di saveimage.

Klik tool, karena kita mau stretch gambar ini kan. Kenapa ga sekalian tadi pas nge-crop? Coba aja deh. Aku memberikan cara ini karena udah pernah nge coba, dan jadinya ancuuur. Logikanya gambar potongan ini sebelumnya ga punya dasar yang cukup, jadi kalau dilebarin iyah sih lebar tapi kepotong sana sini.

image

Nah ini diklik icon stretch tool-nya.

image

Ini nih kita pakai stretch tool. Terserah kamu mau sekesel apa sama aku, tapi ini bener-bener ga sengaja.

Lanjut ya. Pakai wrap, kamu usapkan jempol-jempolan kamu disana, buat badan Sehun bertambah lebar ke sebelah kiri.

image

Jadinya begini nanti. Harus gitu? Iyah! Butuh selebar ini. Percaya deh.

image

Di save dengan format PNG.

image

Keluar dari bagian edit. Ke tampilan awal picsart lagi, kamu ke draw blank, dari bagian draw pilih Landscape.

image

Masukan PNG Sehun terlebih dahulu. Sebelum memasukkan gambar yang udah di stretch. Kita tambahin empty layer dulu. Klik icon + yang ada disebelah icon tong sampah.

image

image

Lalu masukan badan Sehun yang udah kita potong terus di lebarin juga, masing-masing berbeda layer. PASTIKAN KEDUANYA BERBEDA LAYER KOSONG. BUKAN LAYER YANG BERDASAR PUTIH. Diatur ya letaknya.

image

image

image

Nah nanti kalau sudah tolong layer potongan badan Sehun yang melebar itu di tarik ke bawah layer PNG Sehun. Ralat itu bukan empty layer yang di pull down yah, tapi PNG stretch’s layer. Maaf.

image

image

Persiapkan penghapusnya, atur ketebalannya.

image

Setelah diletakan kamu hapus tuh bentuk asing yang ada di dipundak kanannya yo.

image

Sudah dihapus yg itu. Sekarang kita selaraskan juga pakai penghapusan. Yang bagian penyambungan lengan itu.

image

Sudah rapi? Nanti hasilnya begini, lenganku super jumboo hoho.

image

Tambahkan layer baru. Kalau yang diatas tidak tau caranya menarik layer kebawah begini caranya. Layer kosong baru yang ada diposisi pertama, letakkan jempol km disana tarik perlahan kebawah.

image

Sampai melewati layer PNG Sehun.

image

Jika sudah kita add photo lagi.

image

Pow. Disini bagian pipinya aja yang diambil. Bisa dong. Pipi alus mulus gitu loh.

image

Pastikan/cek lagi layer yang dipakai, yang ditengah itu.

image

Benerkan, diantara kedua gambar terdahulu, sekarang!

image

Kecilkan ukuran. Oiya geser sedikit, sedikit nempel ke PNG Sehunnya.

image

Terus, pilih layer pipi tadi. Klik menu layer, pilih copy.

image

Begini nih otomatis hasilnya. Ada tambahan layer baru yang udah ada potongan pipinya.

image

Ditarik kebawah yah yang layer pipi barunya, kebawah layer pipi yang asli. Terus klik menu layer, pilih transform

image

Cling, kita langsung berada disini. Buat apa? Ini baru aku temuin bgt pas bikin tutor ini. Ternyata disini kamu bisa atur letak dan atur besarnya LAGI. Speechless aku awalnya. Oke lanjut ke kerjaan, kita dari tadi lagi terfokus sama apa? Yep layer pipi copy-an, masih aktif kan yah? Kamu sentuh gambar pipinya, lalu geser sedikit, berpindah tempat? Kalau iya. Atur letaknya jadi berbaris. Lanjut yuk biar jelas.

image

Nah nih. Seperti ini maksudnya.

image

Lanjutkan tahapan yang diatas sampai ada empat(4) potongan pipi dalam satu baris. Iyah, copy layer pipi→ke transform→geser sedikit potongannya.

image

Persiapkan erase tool brush-nya. Iyah kita akan menghapus sedikit.

image

Kalau kamu susah liatnya di zoom aja. Kita hapus pinggiran kotak-kotak potongan pipi.

image

Biar agak rapian gimanaa gitu.

image

Check bagian layer yuk. Widiiw.. rame banget yah. Potongan pipi mendominasi layer. Tenang, kita bakal rapihin yg ini juga kok.

image

Pilih potongan pipi yang teratas. Klik menu layer. Klik merge fungsinya untuk menggabungkan layer. Kalau di photoshop ini namanya bikin grup. Merge-in terus sampai potongan pipinya terkumpul dalam satu layer.

image

Seperti ini juga punya kamu? Harusnya seperti ini ya. Mungkin ada yang kepikiran “kenapa ga bikin disatu layer aja?” Jelas ga bisa, karena lihat, kalau kita bikin satu-persatu layer terlebih dahulu, pertama: ngatur letaknya gampang, satu-satu bisa diatur lagi. Penghapusannya pun juga gitu. Kan yang dihapus bukan hanya bagian atasnya aja, tapi sisi yang saling menindihnya juga. Oke.

image

Kita tambahkan layer kosong untuk bagian potongan kepala Sehun. Karena kita perlu memperlebar bagian yang ini juga.

image

Sehabis itu dicopy bagian kepalanya. Cara mengcopy-nya sama sama seperti pada tahapan potongan pipi.

image

Kembali lagi, kalau sudah di copy selanjutnya di transform.

image

Nah kalau mau tau seberapa besar bagian kepala yang di crop, ya segini. Cukup sampai topi kupluknya saja, yg ga ngerti kupluk = bennie hat. Okeh.

image

Sesudah di copy layernya, terus di geser sedikit gambarnya pada saat ke bagian transform untuk memperlebar ukuran gambar habis itu kita ke mana? Yep, di merge. Di ringkasin.

image

Jadinya begini dong.

image

Nah, kepala yg udah di merge itu kita copy yuk. Agaar nanti hasilnya maksimal dan lebih natural/alami.

image

Seperti ini, kita copy.

image

Pindahkan kebawah layer badan utama.

image

Ini gunanya untuk apa? Untuk memperlebar kepalanya seperti yang terjadi pada pipi dan lengannya. Kenapa ga di stretch aja? Karena ini yang aku pelajari dari tutorial smoke disintergration yang menggunakan software photoshop, alias ga mau dibilang ga tutor yang abal atau ga berbobot, jadi aku ngubek-ngubek ke tempat biangnya.

image

Ketransform lagii.. buat mengatur dan menggeser, meletakkan copy-annya dengan benar.

image

Seperti ini, tuh udah ada contohnya, engeh ga? Keliatan ga? Oiya untuk memperlebar kepalanya ini aku juga mengcopy-nya sampai 3x. Sudah di copy sudah main transform abis itu? Ya, di merge/diperingkas.

image

Terus diapus pinggirannya. Persis sama kan.

image

Ini hasil dari kerjaan kita dari tadi. Pegel yah bacanya? Emang. Siapa yang minta ditambahin screenshotnya kemaren lewat komen? Jangan pake anonymous/hecker deh. Sekarang udah sebanyak ini pokoknya tanggung jawab ya. Praktekkin yang semangat!

Awalnya karena ga terbiasa memang bikin males buat editnya. Aahh ini kan teori, kalau iseng main picsart coba salah satu bagian aja dulu, misal kepalanya doang di smokey-in,bisa. Kalau di praktekin cepet kok bikinnya, yakin!

image

Pahamkan yang diatas? Atau masih belum jadi masih ngerjain yang diatas? Gpp, makanya aku bilang dari awal, tekhnik ini lumayan butuh kesabaran. Jika sudah, nih tinggal masukin Black Smokeynya, kenain ke badannya dulu ya, itu loh badan yang melebar itu. Lamaa ya prosesnyaa.. haha aku aja sadar, tapi kalau udah terbiasa beda deh.

Seperti ini, pakai blending option screen.

image

Hey guys, masukkin gambar baru berarti apa? Hayoo maafin yah kalau aku ngengulang-ngulang terus, ngingetin terus. Kalau masukkin gambar baru berarti layer baru juga. Soal ini masih suka ada yang curhat galau di LINE karena ga berhasil, pas di investigasi masalahnya ya disini ini ga memasukkan gambar barunya di layer kosong yang baru.

Saya beri penjelasan ulang :

Kalau masih pusing, dan terlanjur sudah ada material/bahan-bahannya di setiap layer. Matikan dahulu layer yang teratas sampai meninggalkan satu layer background kosong yang berwarna dasar putih.

Kalau anda mengikuti tahapan diatas maka bagian draw kamu akan terlihat seperti ini.

Nah, nyalakan satu persatu layernya.

Hasilnya akan seperti ini juga.

Ini dengan blending option : Lighten

Kita coba yang pertama pakai blending option :Lighten

Ini dengan blending option : Lighten

Jadinya akan seperti ini kalau pakai Lighten. Dari sini ada kejangggalan tidak? Semua sudah saya kerjakan benar benar sesuai tahapan, tidah ada tipu,trik apalagi sihir.

Ini dengan blending option : screen

Nah kalau mau pakai screen tinggal di ganti blending optionnya saja.

Ini dengan blending option : screen

Sama seperti sebelumnya, tidak ada tambahan trik ini betul-betul sesuai tahapan yang saya kerjakan sama dengan yang di screenshot disini.

Tambahan, gambar apapun yang ada disini, yang saya jadikan bahan (contohnya: black smoke) itu adalah bahan dasar, saya pakai karena bisa dikombinasi dengan gambar pendukung yang saya gunakan, jika anda memakainya untuk pengeditan gambar anda dan hasilnya kurang memuaskan, anda bisa cari gambar penggantinya di banyak situs lewat google.

Seauai dengan Updated 2 Feb 2016 16:56 & 1 Feb 2017 14:12 black smoke dilayer kosong sendiri, pakai blending option bisa lighten, bisa juga screen. Opacity tidak dirubah.kenapa sekarang ada pilihan blending option? Karena tidak semua gambar cocok dengan blending yang sama. Ini tutorial dasar, tinggal anda kembangkan lagi.

image

Lanjut ke bagian kepala. Menambahkan Black Smoke ini bisa hanya sekali taro dan dah-udah selesai, bisa juga kamu tambahin lagi, tapi ingat usahakan gambar kamu harus lebih keren dari punya aku. Yah!

image

Bisa dengan trik ini. Di copy, dan ditransform untuk menyesuaikan letaknya.

image

Sebelum menghapus biar/agar ga bingung di matikan saja duly salah satu layer smoke-nya.

image

Baru deh dihapus. Hapusnya pakai perasaan yah. Nah ini pakai blending option lighten.

image

Hasilnya bisa begini. Nah kalian sadar ga di gambar tambahan ini ga ada pipi tambahannya? Dan smokey editan ini termasuk ke dalam kategori fail! Kenapa? Karena perhatikan arah asapnya! Ya, asapnya ke arah yang berbeda, jadi feel natural dan aslinya ga dapet sama sekali.

image

Dan satu lagi, yang DISINTEGRATION yang tanpa smoke jadinya seperti ini, setelah copy-merge, kamu tinggal… lanjut kebawah ya.

image

Hapus pakai brush ini. Maka jadinya akan seperti yang ada diatas. Selesai. Eits..

image ( ini pakai screen ) SELESAAAII.. ini hasil akhirnya, meski aku ga kasih gambarnya kamu ga lupa kaann buat menyimpan hasil kerja kamu readersku tersayang 😍;).

image

(Ini pakai lighten) Maaf kalau kelamaan ditutupnya, soalnya saya buka usaha kecil-kecilan (jual kerudung) kalau mau lebaran begini lumayan menyita waktu. Jadi tertunda terlalu lama deh. Makasih atas partisipasi dan kesabarannya selama postingan inu direvisi. Semoga tambah banyak anak indonesia yang dengan mudah berkarya di masa depan.

Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan minal aidzin wal fa’idzin, untuk semua readers yang sama seperti saya lebaran. Maafin kalau banyak penjelasan yang muter-muter dan bikin pusing. Udah ah, sampai ketemu di tutor selanjutnyaaa.. 😀

I am cry.st.all see ya 😚
*bow

AKU BERI HIMBAUAN LAGI YA, SEBELUM KAMU MEMBUAT SMOKEY INI KAMU HARUS TERBIASA DENGAN PICSART TERLEBIH DAHULU. KALAU MASIH KESULITAN KAMU BISA MELAKUKAN PERCOBAAN TUTORIAL YG TERMUDAH, YG ADA PADA BLOG INI.

Contact LINE : [ crystbellzinski. ]

Advertisements

125 thoughts on “[ TUTORIAL ] Cara Membuat “Smoke Disintegration” by PICSART

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s