Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] FREE CROP by PICSART

Aku dengar teriakan itu!
Pasti ada yang teriak “crystal telat! Tutor yg ini tuh telat!” hehe..

Iya, ini sekedar ingin memperlengkap tutor dan sekalian berbagi aja. Biasaa.. aku suka gemes sendiri kalau tahu sesuatu hal. Bawaanya pengen share aja. Dikepala aku tuh selalu “aku tahu, apa orang lain juga tahu yah?”

Jadilah hobiku seperti ini.
Inilah pembahasan kita kali ini.

image

Pertama kamu ke bagian edit. Agak beda ya tampilannya sama picsart versi terbaru. Ya iya lah cuma copas tampilan awal yang ada di tutor sebelumnya. Haha. Oiya ambil foto yang mau kamu free crop-in ya.

image

Sesuai judul, free crop. Jadi kita pilih free crop.

image

Ketika sudah masuk kesana. Kita pilih “lingkaran penyambung” (saya tidak tahu namanya, tapi kalau ada yang biasa pakai photoshop bisa bantu?).

image

Lingkari di sekitaran Objek yang akan di crop. Bisa?

image

Di teliti lagi sama kamu, masih ada yang kurang terselimuti? Atau sudah terselimuti warna merah semua? Jika sudah tertutupi semua, nah disini trik yang biasa aku pakai agar cepat dan rapi meng-free crop gambar. Klik ceklis/centangnya.

image

Belum selesai. Tampilan setelah di klik ceklis/centang akan kembali ke bagian editor kan. Nah ini, kita balik lagi pilih free crop.

image

Mudah tidak tadi melingkari gambarnya? Kalau sulit bisa di zoom in, lalu lingkari lagi objek free crop-nya. Kita sekarang melingkari gambar seperti tahapan sebelumnya, ya.

image

Ini yang beda, kamu zoom in terlebih dahulu. Disini kita akan mulai menghapus warna dasar/gambar dasar selain objek. Hapus sebagian.

image

Sudah dihapus sebagian? Nanti hasilnya seperti ini. Ini kita di bagian editor lagi ya, bagian free cropnya yg tadi di klik centang/ceklis dulu. Kenapa keluar masuk terus? Karena sesuai pengalaman, pernah ga kamu udah tinggal sedikit lagi selesai tiba-tiba kesentuh silangnya (yg artinya membatalkan pada bagian free crop), atau dibeberapa android ada tombol sentuhan “back”? Mengantisipasi rasa nyesek karena harus mengulang lagi dari awal, dengan cara ini mengurangi rasa nyesek itu. Sudah tinggal setengah jalan selanjutnya kalau tiba-tiba ke sentuh hal-hal yang tidak baik seperti yang disebutkan tadi akan tidak jadi masalah yang terlalu besar.

Toh tinggal setengah jalan lagi, atau bagi pemula bisa sedikit-sedikit, kepalanya dulu/ bagian jarinya dulu. Keluar-masuk keluar-masuk. Masih dipicsart, jangan mudah menyerah dicoba. Pasti bisa.

image

Seperti ini bukan menghapusnya. Khusus buat pemula yang belum pernah ke bagian free crop, kita bisa loh meng-zoom sampai ke ukuran sedekat ini. Jadi kita lebih leluasa menghapus dan tidak takut-takut / khawatir gambarnya yang ke hapus.

image

Sudah sampai segini, kamu masih suka keluar-masuk? Gapapa. Tapi nanti sisanya dilanjutin ya.

image

Sudah selesai. Seperti ini kah hasil milik kamu? Kalau masih belum bisa serapi ini jangan sedih atau galau(hehe). Semua dan sayapun juga tidak serapi ini saat pertama kali mencoba. Ini mah hasil setelah bertapa ratusan tahun di atas tumpukan kasur, guling, bantal /skipreading/

image

Sekarang di save ke bentuk/format PNG. Yang belum tau PNG itu seperti apa nanti gambar hasilnya, ini dia : gambar (ada yang bilang) lebih tajam, tidak berlatar belakang (ini yang terpenting), Dan kalau sudah tersimpan di galeri yang berwarna hitam pastinya dia akan terlihat lewat gallery juga berlatar belakang berwarna hitam, apa mempengaruhi gambar? Tidak sama sekali. Bisa dibuktikan lewat percobaan kita di gambar terakhir ini. Untuk yang menggunakan picsart versi terbaru, cara penyimpanannya bisa lihat di [ EXTENSION TUTORIAL ] Cara Menyimpan PNG di PICSART Versi 8.4.2 (2017)

image

Setelah gambar tersimpan dalam bentuk PNG, kamu ke bagian draw, bisa bagian draw yang di ada pada bagian editor, bisa juga lewat draw-blank. Masukkan gambar yang sudah di PNG-kan. Nah kalau tampilannya persis sama seperti gambar diatas, berarti semua tahapan sudah benar semua. “Yg digallery gimana? Kan berlatar hitam” itu semua tidak akan mempengaruhi dan tidak masalah sama sekali. Hasilnya akan tetap tanpa latar belakang warna hitam atau apapun sebelum diaplikasikan/ditempel ke gambar lain. Gimana sudah paham kah?

Saya undur diri
*Bow

Advertisements

6 thoughts on “[ TUTORIAL ] FREE CROP by PICSART

  1. Kalo aku udah lama pake free crop yg lasso tool ini. Tapi ga berkali kali gitu wkwk, langsung aja selimutin pinggir orangnya serapi mungkin. Cuma kelemahannya kalo pake free crop sekalinya edit foto idol cewe pas bagian rambutnya kaku. Kaya lidi gitu. Aku kan sempet iri ya kalo liat png di deviant art kok bagus bagus pas bagian rambutnya. Terus aku sempet coba pake cutout. Gatau ya di picsart punya kakak udah ada atau belum. Kalo aku sih picsart terbaru. Pas aku cobain iya sih caranya ampir sama kaya free crop yg dulu yg kita sapuin brushnya buat selimutin tp udahnya langsung rapi bgt hasilnya. Si backgroundnya ilang sendiri. Terus bagian rambutnya ga kaku gitu. Lebih cepet malah wkwkwk

    Like

    1. GABRIEL SAYA UDAH UPDATE DARI KAPAN TAU, TAPI BARU TERBUKA MATA HATI, MATA BATIN, MATA KAKI SAYA SEKARANG COBA. dan berhubung ini tutor udah di publish sebelum cut out keluar, di biarkan saja yah. Di skip boleh.. dibaca saya tambah seneng. Haha..

      Cut out, Hmm.. akhirnya si picsart ngeluarin tool mempermudah buat bikin png haha /ketawa kemenangan pahlawan bertopeng/ oke lah nanti saya infoin lewat updatean terbaru. Makasih ya Gabriel atas komen yang badai ini sampai sukses bikin melek soal update-an picsart //ketauan deh udah lama ga main picsart// 😁😄

      Like

  2. Yihaa kak Crys buat turtor gini ihihi kalo aku sih kak belom pernah nyoba pake yang kakak bilang lingkaran penyambung._. Aku tadi baca2 selilas tentang ini dari turtor ini dan aku kalo buat render suka diolesin dulu terus di zoom2 buat di hapus dan ngubah ukuran kuas sama penghapusnya jadi belom pernah pake lingkaran penghubung itu πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

  3. HALOHAAAA KAKK CRYSSS!!!😻😻😻😻

    AAAA KU KANGEN DIRIMU KAKK HUHUHU TT_TT

    oiyaa, btw MINAL AIDZIN WAL FAIDZINNN YAAA KAKKK. MAAPKAN DAKU KLO SERING NGERUSUH DI COMMENT BOX-NYA KAKAKπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    DAN SEKARNGGGG KAKAK BALIK BWA TUTOR BARUUUUUU YEEEPEEYYY!!

    Kak, boleh jujur gk?.-.

    Aku gk ngerti msaaa .-. Huhuhu tpi ini udh bagus kak tutornya, mungkin otakku saja yg terlalu lemot wkwkwkwk. Dan yang kupertanyakan adalah, kenapa setelah menghasilkan tutor2 yang keren bru bikin tutor ini kak?! KENAPAAAAA?!?! /nangis dibawah hujan/

    udahlah, abaikan aja yg itu kakk wkwkwk. Oiya kakk kapan quick tutorialnya di updatee kakkk? Gk sabar liat quick tutor baruuuuu😒😒

    Ditunggu tutor selanjutnya ya kakkk!! SEMANGKAAAA!πŸ˜‡πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘πŸ‘‹πŸ‘‹

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s