Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] Cara Membuat “Water Shadow” by Picsart

Oh my! Aku baru engeh/sadar ternyata internetanku mau habis malam ini juga. Dan lupa isi pulsa td siang.(curhat dikit). Meski ngantuk-ngantuk pokoknya kedua tutor ini harus di post malam ini juga.

Oke, berawal liat-liat picsart home, aku pengen bikin tutor ini. Karena menurutku ini tuh keren bgt. Apalagi model yang mau aku bikin juga pas banget sesuai tema. Mirip lagi main di pinggir danau atau laut gituuu kan.. Yah gitu deh, si Crystal ini kadang idenya ada-ada ajah. Yuk langsung liat

image

Hehe, kita pakai gambar yang ini buat diedit ya.

image

Pertama kita ke blank draw, pada draw. ukuran kertasnya masih sama.

image

Masukkan fotonya. Bukan dilayer yang putih ya, tapi dilayer yang kosong alias yang kotak-kotak abu abu.

image

Kemudian layer yang ada gambar sehunnya di copy.

image

Setelah ada copy-annya, kamu bisa pilih yang mana aja. Kemudian klik menu layer lagi, terus klik transform.

image

Disini, tampilannya seperti tidak ada yang spesial yah. Yuk lanjut!

image

Tapi setelah kita klik yang icon cermin yang aku tunjuk di gambar, baru ada deh magic-nya. Yep gambar sehun terefleksi.

image

Setelah transform tadi, kamu bisa klik centangnya. Dan langsung ke editor. Kita ke bagian effect aja yuk.

image
Pertama kita pakai effect oil, atur fade-nya seperti pada gambar. Selanjutnya, klik icon yang ada disamping icon kuas itu.(aku ga tau namanya). Setelah muncul toolbar-nya (baris tool) kamu bisa samakan dengan yang ada pada gambar. invert-nya di klik, pilih shape kotak/cube.

Kalau sudah, effect yang biasanya ada pada lembar foto akan berubah menjadi ke dalam kotak, nah disini kita gunakan effect yang ada untuk bebas meletakkannya dimana saja. Karena kita membuat bayangan dibawah gambar sehun, jadi kita letakkan kotak effect itu ke gambar sehun yang ada di bagian bawah itu.

image

Lanjut, kita pakai effect yang kedua. effect motion. Caranya tetap sama, kita pusatkan effect pada bagian bayangan sehun yang ada di bagian bawah. Nah disini kamu perlu memaksimalkan angle & distance menjadi 100.

Jika sudah, bisa di save.

image

Maka hasilnya akan persis seperti ini. Masih ada kesulitan?

Crystal sleep a while, sampai ketemu lagii with the next tutorial!
*bow

Advertisements

19 thoughts on “[ TUTORIAL ] Cara Membuat “Water Shadow” by Picsart

  1. Wahhh wahh ilmu baru nih heheh udh lama ngga mampir ehh ada tutor baru. Aku pernah nyoba tapi bukan watter effect tapi yg miror effect 😁 dan itu butuh ketelitian besar biar fotonya pas. Kyknya sama aja kyk inih.. Mau nyoba ahhh hehehe

    Like

    1. Effek cermin?
      Saya disini tidak pakai effek cermin. Karena tidak bakalan memberikan hasil seperti bayangan di air, “water shadow”. Maka dari itu pakai draw blank dan selanjutnya ikuti tahapan diatas ya.

      Like

    1. Masa siiih?
      Hehe belum ngecek, blm main picsart lagi (ga sportif ya).😞.

      Sebenernya awal mula nyoba tekhnik ini juga ga pakai effect oil. Nah buat tutor biar kecean dikit dan sesuai tema, jadilah pakai effect oil. Point-nya ga pakai juga ga apa-apa, yg penting effect motion-nya yah. Terima kasih sudah bertanya.

      Like

    1. Okeh, tadi udah sempet dicoba. Dan ternyata tidak bisa saudari-saudaraa.. Karena ada beberapa tools yang hanya adanya di draw. Dan kalau di add photo aja ada masalah yang lumayan besar, karena kita pakai selembar kertas kerja buat menempelkan gambar yang terpotong dua dengan baik seperti itu, nah kalau di add foto lembar kerjanya ya gambar yang ada, sedangkan kita ingin mengatur letaknya, bukan dengan foto sebagai dasarnya.

      Nah, cara ini juga udah aku utak atik pakai effect pencerminan yang ada, well hasilnya tidak semaksimal ini gambarnya. Karena lagi-lagi dia hanya memakai ukuran foto untuk dasarnya. Jadi hanya dengan draw gambar bisa terpisah semaksimal yang kita inginkan seperti hasil editan yang ada pada tutor ini.

      Terima kasih atas kunjungannya! πŸ˜€

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s