Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] Cara Membuat “COMIC BOOK STYLE” Fanfict Poster By PICSART

Jreng-jreng jreeeng..

image

Bagaimana? Mau langsung ke TKP tahapannya?
Let’s gooo!

image

Kita berjumpa lagi gilaa(?)
Sesuai request-an pengunjung setia, yg imut bgt dan cantik aku membuat tutorial ini dalam keadaan sadar sehat lahir, batinnya mah galau(?) *alay. Untuk tahapan pertama yang kita butuhkan paling penting adalah Comic Book Style Background⇦ini nyarinya lumayan agak susah, jadi aku block maaf ya.. T-T aku lagi sadis di tutorial ini, mungkin juga karena aku ga pakai Sehun sebagai model tetapku terdahulu itu. Tapi jangan khawatir aku bagi kalian link yang udah berhasil aku temui inih : http://www.dreamstime.com/photos-images/comic-book-background.html . Background yang ada ditutor ini emang ga ada dimana-mana. Ini background khusus tutor ini aja. Tp background yg lain bisa di temuin lewat link yg udah aku masukin disana.

Dan, bahan material yang kedua, kamu pasti nyimpen stocknya di memori card kamu, yep and yup, gambar PNG. Siapa aja boleh kok ^-^

image

Setelah aku kasih link nya ke kalian udah pada nemuin backgroundnya belum? Readers yang baik hati kita buka lewat draw: photo langsung aja pakai dasar foto comic book style background-nya ya. Nah, satu layer kosong yang ada diatas layer berisi background akan menjadi satu-satunya layer tambahan yang akan kita gunakan kali ini. Alias, bakalan simple bgt, ga sabaran? Lanjuut yuks..

image

image

Tanpa menunggu lagi masukkan pemeran pertama, L/Myungsoo.

Tips buat kamu: saat ingin memasukkan gambar dalam comic book style ini, cara ringkas dan rapinya, aku sarankan utamakan masukkan cast/pemain mulai dari bagian teratas dulu, dari kiri/kanan yg penting diatas, dan pada gambar pemain dibagian bawahnya usahakan jangan melewati garis pembatas kotak pada bagiannya masing-masing. Oiya, kalau ada yang sadar, cara ini sama dengan tutor ‘cast half out’ terdahulu ^^

image

Layer kosong tetap berada di bagian teratas, pilih layer itu untuk meletakkan gambar Myungsoo. Jika sudah lepas mode stand by foto dengan mengklik area yang terbebas dari layer/klik erase tool

image

Hasil setelah di lepas akan seperti ini, lalu kita hapus bagian yang keluar dari garis. Pertama klik erase tool lalu klikshape tool

image

Sekarang pilih yang kotak square yang fill ya, biar rapi dan memudahkan kita untuk merapikannya.

image

Untuk memunculkan shape-nya seperti biasa, arahkan jempol kamu seperti mencoret diatas layar, kalau sudah keluar, segera lebarkan ukurannya. Jika sudah, ambil kendali pada lingkaran diujung itu, lihat gambar disana sudah aku tunjukkan. (ga tau namanya apaan)

image

Arahkan dengan benar.

image

Nah, sekarang Myungsoo nya sudah terkunci didalam kotak komik, xixixi

image

Lakukan hal yang sama pada cast/pemain yang lainnya. Dan tetap di letakkan pada layer yang sama dimana Myungsoo berada. Kecuali, kalau kalian ada kesulitan (karena grid komiknya tidak selalu sama) bisa ditambahkan sesuka hati kamu layer kosongnya.

image

Gaes, kalau sudah jadi seperti ini, kalian klik contreng/ceklis, kita ke bagian editor. Cuma gitu doang di bagian drawnya.. semoga kalian bisa melewatinya dengan sukses ya, jangan tergesa-gesaa.. abangnya belum pulang kok, masih nungguin ( -_-?)

image

Kita jamah bagian yang jarang kita jamah yuuk, shape mask. Ada tool ini di picsart pasti bisa berguna kan!

image

Ini, maaf, udah ke ubah. Aslinya seperti yang terjadi pada umumnya di shape mask, yaitu gambarnya ke block dan hanya menyisakan lubang ditengah yang transparant. Lalu cara merubahnya supaya persis sama dengan yang ada pada gambar gimana? ⇩Ini caranya⇩

image

Klik invert, kalau blending option-nya bisa antara normal atau lighten. Udah cuma itu aja yang di ubah, klik ceklis/centang kalau sudah pas letaknya dan ukurannya ya. Kita ketahapan berikutnya!

image

Sampai lah kita pada pengisian si shape mask, dengan judul dan lain-lain. Go monggo ke text 🙂

image

image

Buat judul yang nyambung, dan semenarik mungkin. Jangan lupa sertakan nama authornya dan nama sang pembuat poster, biar aman dari tangan jahil, dan menunjang untuk efef kita tentunya ;D

image

Kesan atau nuansa posternya kita perjelas lagi yuk, lewat effect yang sederhana aja..

image

Ada dua effect untuk tutor ini, pertama doger.

image

Tanpa ada perubahan.

image

Kedua cinerama, biar lebih stroong XD .

image

Sekali lagi tanpa perubahan.

image

Di savee gaess..!! Tahapannya gimana? Yesss, se-le-sai. Yeaay!!

image

Sekali lagi ah, aku munculin hasilnya di bawah, hehe..

What’s your opinion?
Aku mau kasih pesan singkat; kalian jangan patah semangat untuk mencobanya lagi, dan sekali lagi. Hari ini gagal, belum tentu esok kita mengulangi kegagalan itu. Justru dari kegagalan kita bisa belajar menjadi yang terbaik. Buat kalian, jangan pantang menyerah setiap mencoba gaya edit yang baru. Kalau disini ga ada tutorialnya, belum tentu kamu ga bisa melakukannya ;D

Dan satu lagi, buat pengunjung setia blogku ini, terima kasih sebanyak-banyaknya dan segunung-gunungnya buat kalian, kesetiaan kalian kalau aku balas mungkin cuma bisa terbayar kalau aku mendatangkan bias kalian (bendera putih), intinya kehadiran kalian di setiap tutor, beeh itu ga tergantikan. Dan buat pengunjung baru, demi apah kalian mau menghadiri blog monoton/mainstream aku yang kaya gini !?! Diluaran sana udah banyak banget temen kita yang lainnya bikin blog tutorial, dan kalian menyempatkan diri kesini?
It’s a big honor to serve you better than ever ;D

Udah segitu aja curhatnya. Bagian ini di skip aja kalau ga mau dibaca juga gpp 😀

That’s all share for you, semoga besok aku akan mengirimkan postingan yang lebih menyayat hati lagi dan menjernihkan kepala 😉 see yaa..

*bow

41 thoughts on “[ TUTORIAL ] Cara Membuat “COMIC BOOK STYLE” Fanfict Poster By PICSART

  1. Kak kok Background nya aku gak ketemu sih? Padahal link nya udah aku klik. Tapi yang kaya kakak nggak ada. Aku minta link yang kaya kakak dong hehehe. Nggak papakan kak sama kaya punya kakak? Lagian belom tentu bikinan aku jadi nyoba aja blm

    Like

    1. Hehe, de kamu bikin aku buka kartu aja.. sebenarnya itu bermula dari kesalahan teknis picsart yg loading lama. Eh gataunya jadi seperti itu. Kalau buat ngejelasin ulang, kknya bingung jugaa.. hehe.. maaf yaa, coba ekperimen aja de, kali aja lebih cetar nanti 😀 happy editing 😉

      Like

Leave a Reply

