Posted in TUTORIAL

[ TUTORIAL ] Cara Membuat Poster Soft with “Shape Croping” by PICSART

Hai hai ^_^
Sudah sejauh mana kamu memainkan picsartmu?
Sekarang kita coba trik lain dari picsart. Sebelumnya pernah lihat poster dengan kreasi ini, pengen banget bikin sendiri. Dan berhasil deh. Mumpung masih hangat buru-buru aku bagi ilmunya.

That’s all for intro. Let’s we begin the tutorial ^-~

Bahannya cuma 3, simple deh di jamin πŸ˜‰

image

1. Sehun-ah ((Maafin aku yg suka bgt sama ini orang))

image

2. Park Seul [ Ulzzang ]

image

3. City landscape

image

Pertama kita ke bagian Edit (editor) terlebih dahulu. Ambil salah satu ya, antara cast utama atau model OC-nya.

image

Guys, aku bosen selalu mengutamakan idol kpop, sekarang kita memulai sesuatu yg baru ^-^ ulzzang for the first. Kita pilih icon tool, kemudian klik shape crop.

image

Jika sudah masuk kebagian shape crop, kamu pilih bentuk yang kamu inginkan, untuk tutor kali ini aku pakai bentuk “jajargenjang” kece ga? Hihi.. setelah muncul, kamu bisa langsung mengatur besar-kecilnya.

image

Untuk tutor, aku mentokin ukuran jajargenjangnya dari pojok atas dan pojok bawah. Garis pinggir yang ada tidak di ubah sama sekali. Lalu klik βœ”(centang/ceklis/contreng)

image

Selanjutnya kamu simpan dengan format PNG, jangan lupa ya ^^ kalau sudah, kamu bisa melakukan hal yang sama dengan gambar Sehun.

image

Oke, kita kembali kedepan. Pilih draw, lalu klik photo. Kamu cari photo “city landscape”-nya (gambar ketiga) lalu pilih

image

Hasilnya seperti ini jika sudah masuk ke bagian draw.

image

Lanjutnya kamu pilih satu-satunya layer kosong yg ada, dan masukkan gambar sepasang manusia yang sebelumnya sudah kita crop itu.

image

Gambar Sehun dan Park Seul disini aku beri jarak sedikit dalam penempatannya, dan sedikit dinaik-turunin (ulzzangnya sedikit turun, Sehun agak naik), semuanya diletakkan dalam satu layer ya.

image

Sudah di atur letaknya?
Jika sudah, maka akan seperti ini.

image

Kamu pilih layer kedua cast tersebut, kemudian biar soft-nya dapet gambar mereka sedikit dikurangi ketebalannya.

Oiya sedikit tambahan, aku banyak nemuin para newbie yang bermain ketebalan belakangan ini, buat info saja, bermain ketebalan pada poster memang diperlukan untuk memperhalus gambar. Tapi perlu diingat juga, ketebalan tidak perlu berlebihan, seperti gambar yg ada disini ketebalan background sudah halus, jadi kita tidak perlu mengurangi ketebalan sampai dibawah 70%-an. Apalagi kalau kalian ditambah effect, bisa-bisa cast yang ingin ditunjukkan bisa tidak terlihat/kabur gambarnya. Lanjut?

image

Kita beri garis tepi, masih ada yg ingat caranya?
Sekarang aku pakai cara lain yah. Pertama tambahkan satu layer kosong, lalu Kita zoom out dulu gambarnya, sedikit aja. Lalu klik icon add shape.

image

Jangan lupa pilih warna terlebih dahulu. Coba warna putih dulu ya. Gunakan yang stroke, ok.

image

Sekarang dibentangkan. Agar pinggirannya terisi penuh, dan kita kan pakainya tipis ya, jadi kamu pinggirin aja sampai kena. Kalau cara yg ini sulit menurut kamu, kamu pakai cara yang ada di tutor “simple soft” juga gpp.

image

Lebih singkat kan? Nah, kamu tinggal ubah blending optionnya deh, biasa.. pakai yang overlay ^^
Kalau kurang nerawang atau tipis kamu kurangin ketebalannya saja. Siip?

Jika semuanya sudah selesai, klik βœ”(centang/contreng/ceklis).

image

Tinggal tahap terakhir nih, karena ini poster, jadi ya monggo/silahkan kamu beri judulnya, quotes, dan credit penulis dan pembuat poster. ^-^
Lalu di save biar ga hilang semua kerja keras kita ^^

image

Dan beginilah hasil keseluruhannyaaa.. bagaimana? Gampang atau susah? Bisa dipraktekan langsung?
Oiya satu tips lagi. Buat kamu yang masih newbie (pendatang baru) dalam membuat poster, ada sedikit tips buat kamu; jangan terlalu banyak memberikan gambar pendukung dalam poster kamu, sekarang sudah berganti jaman, banyak penulis lebih mementingkan kekuatan gambar pemainnya daripada gambar pendukung. Yah, paling masksimal 4 saja dalam ukuran yg sedikit pula. Semoga berguna tips dariku πŸ˜‰

Selamat mencoba, dan tentunya semoga berhasil !! Jangan takut gagal atau minder latihan dengan giatlah agar hasil punya kamu juga semakin berkualitas ^β–½^

I’m signing off. See you.

*Bow

Advertisements

27 thoughts on “[ TUTORIAL ] Cara Membuat Poster Soft with “Shape Croping” by PICSART

  1. hai kak! aku reader baru nih, ohoho. well, salam kenal! anyway, aku mau tanya, untuk pemberian judul itu, kakak pakai font apa ya? terus, kok warna huruf pertama di kata pertama dan huruf terakhir di kata kedua bisa berbeda dari huruf sesudah dan sebelumnya? apa kakak menuliskannya satu-satu? atau bagaimana? ehe he he. have a nice day ! ! ! β™‘

    Like

    1. Selamat datang πŸ˜‰ dan salam kenal. Itu variasi dan kreatifitas aja. Fontnya satu jenis tapi khusus untuk awalan judul pertama dan huruf akhiran yg di judul kedua memang bikinnya secara terpisah. Caranya pertama bikin ‘I’-nya buat kata ‘Invisible’. Selanjutnya sisa hurufnya digabung ‘nvisible’ diletakkannya berdekatan. Begitu Nafa, semoga penjelasan ini mudah dimengerti dan dapat membantu. Have a nice day for you too πŸ˜€

      Like

  2. huwaaaaa!! halo kak, aku pengunjung baru blog kakak ini krna suka bgt sma tutor picsart kakak. hihi namaku adel, aku jga suka edit pake picsart, tpi untuk cover ff jarang dan lebih suka pke gambar berformat png. eh nemu cara ini jdi pengen nyoba, makasih bgt ya kak. tutorialnya membantu banget hehehe^^✌

    sekali lagi, salam kenal kak!!;)

    Like

    1. Haloo my lovely reader πŸ˜‰
      Wah km jago dong soal per-PNG-an, kk musti berguru sm adel nih. πŸ˜€ . Semoga postingan sederhana ini bisa membantu kamu jadi lebih dan semakin kreatif yaa.. kk juga sangat berterima kasih adel mau main kesini ;D

      Iya salam kenal juga adel πŸ˜‰

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s